Search

Minggu, 27 Mei 2018

Donor Darah FKRM Kabupaten Pamekasan Bersama PMI Pamekasan “Ramadlan RAHMAT (Darah Penyelamat)”


(27/5/2018). Disela-sela kesibukan dalam melatih diri untuk mendekatkan diri kepada Allah di bulan suci ramadlan ini, umat muslim berbondong-bondong menuju masjid, musholla atau surau untuk melaksanakan ibadah, memperbanya shodaqoh dan berbuat kebaikan untuk sesama muslim dan non muslim.
Remaja adalah generasi masa depan yang akan memegang estafet kepemimpinan bangsa ini, istiqomah adalah jalan utama yang perlu diperhatikan dan pelu ditanamkan dalam diri remaja, rasa peduli kepada orang lain dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain merupakan suatu hal yang perlu ditanamkan dalam diri remaja.
Pada bulan puasa enaknya nongkrong di pinggir jalan, ngopi bareng, jalan-jalan, itu adalah pekerjaan yang lumrah dilakukan oleh remaja jaman now. Namun siapa sangka ternyata berbeda halnya dengan remaja masjid se-kecamatan pamekasan yang tergabung dalam FKRM (Forum Komunikasi Remaja Masjid) Kabupaten Pamekasan yang mengisi kegiatan malam ramadlan dengan melakukan kegiatan bakti sosial kemanusiaan dengan mengadakan Donor Darah dengan tema “Ramadlan RAHMAT (Darah Penyelamat)”.
Kegiatan sosial kemanusiaan ini dilaksanakan di masjid Ailah Sholihah yang dikomandani langsung oleh Ust. Mohammad Zainal ketua Ramas Ailah Sholihah yang berlokasi di Desa Laden Pamekasan. Kegiatan Donor darah ini dilaksanakan setelah sholat tarawih dan selesai pada jam 23.15 WIB. Peserta kegiatan Donor Darah ini sebanyak 50 orang yang mendaftar, namun yang dapat mendonorkan darahnya hanya 30 orang, sedangkan yang lain tidak bisa donor darah karena faktor usia dan tensi darah kurang normal. Semua peserta berasal dari Remaja Masjid Se Kecamatan Pamekasan yang tergabung dalam FKRM Kecamatan Pamekasan (Remas Agung Asy-syuhada`, Remas Ailah Sholihah, Remas Abu Adenan, Remas Ainul yakin, Remas Al-amin, Remas Al-muttaqin, Remas An-nur Kanginan, Remas An-nur Kolpajung, Remas syuhada Panempan, Remas Bagandan, Remas Masaran, Remas Nurul huda, Remas Nurul mustofa, Remas Tanwirul qulub, dan Remas Darus Shofi).
Ust. Mohammad Zainal bilang, “Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial ibadah FKRM Kabupaten Pamekasan. Meskipun mendadak dan tidak ada rapat yang penting kegiatan ini bermanfaat dan mohon maaf mendadak dan tidak ada rapat karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan” meskipun kegiatan ini tidak ada persiapan sebelumnya namun kegiatan ini dapata berjalan dengan baik berkat dukungan dari PMI dan juga dari teman-teman FKRM Kecamatan Pamekasan.
Peserta Donor Darah FKRM Kabupaten Pamekasan merupakan peserta donor terbanyak dari kegiatan donor darah yang dilakukan PMI selama Ramadlan. Dan kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari Kepala PMI Kabupaten Pamekasan Dr. Syafir yang semula mau hadir, namun karena kondisi kurang fit sehingga beliau tidak bisa hadir. Dalam pesan singkatnya melaui WA Dr. Syafir bilang “salam hangat saya kepada semua pahlawan kemanusiaan dnonor darah FKRM, insya Allah kita rutinkan kegiatan ini setiap 3 bulan”.
Kegiatan yang dilakukan oleh FKRM Kabupaten Pamekasan merupakan upaya Remaja Masjid untuk memberikan pemahaman kepada semua masyarakat bahwa masjid tidaklah hanya sebagai tempat ibadah saja akan tetapi juga sebagai tempat muaamalah termasuk kegaitan sosial. Remas Jaya Masjid Makmur.

Oleh; Muhammad Nadir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar