Search

Jumat, 19 Juni 2015

MENYIKAPI DILEMA HAID PADA WANITA MUSLIMAH


Oleh Ibu HAFIYAH. S. Ag. S. Pd
(disampaikan dalam KAROMAH “Kajian Rohani Muslimah” di Masjid Agung Asy-Syuhada` Pameakasan)
Sebagaimana kita ketahui bahwa suci  dari haid dan nifas merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Sementara itu pada masa sekarang banyak sekali muslimah yang tidak sempat mempelajari ilmu tersebut. Padahal ilmu itu kalau kita kaitkan pada suatu ibadah bersifat wajib ain. Oleh karena itu malalui forum ini saya akan mencoba membahas sekilas tentang Bagaimana Tinjauan Islam Terhadap Menstruasi Pada Muslimah ..? dengan harapan semoga dapat bermanfaat dan membantu muslimah lainnya yang ingin mengetahui ilmu ini.
  1. Pengertian Menstruasi (Haid)
Haid secara bahasa adalah mengalir. Sedangkan menurut syara` adalah darah yang keluar dari kemaluan wanita yang sudah berumur 9 tahun kurang sedikit dalam keadaan sehat. Dan tidak dalam keadaan melahirkan
  1. Hukum mempelajari ilmu  Menstruasi (Haid)
Hukum mempelajari tentang haid, nifas dan istihadah bagi seorang wanita itu hukumnya wajib ain. Sedangkan bagi suami diharamkan melarang perginya si istri sekiranya suami tidak mampu mengajarkannya.
  1. Dasar Hukum Menstruasi (Haid)
Yang dijadikan sumber hukum yakni al-qura`an dan hadits nabi muhammad SAW sebagaimana firman Allah dalam surat al-baqarah ayat 222. Sedangkan dasar hukum dari hadits nabi muhammad yaitu sebagaimana sabda rasulullah dalam sebuah hadits:
“haid ini adalah sesuatu yang telah ditetapkan Allah kepada cucu-cucu wanita adam”
  1. Macam-macam Binatang yang Haid
Selain pada wanita ada beberapa binatang yang juga mengalami menstruasi yaitu: sejenis diobuk, kelinci, unta, cicak, kuda, dan anjing.
  1. Wanita Mulai Menstruasi (Haid)
Perempuan yang dapat mengeluarkan darah haid paling muda adalah umur 9 tahun hijriyah (kalender rembulan).
  1. Lamanya Haid dan Suci
Mengeluarkan darah yang dihukumi haid paling sedikit adalah  semalam (24 jam) baik 24 jam itu terus menerus keluar atau terputus-putus dalam 15 hari 15 malam. Sedangkan paling lama mengeluarkan darah haid adalah 15 hari 15 malam. Umumnya haid itu 6 hari 6 malam atau 7 hari 7 malam. Paling sedikit waktu suci yang memisah anatara haid dengan haid adalah 15 hari 15 malam. Paling lama  suci tidak ada batasnya dan pada umumnya lama suci itu melihat  pada umumnya haid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar